Hi,Welcome to Education Life (http://education-shine.blogspot.com)I hope you enjoy this blog,and Long live Education!!!

Fakta menarik tentang Adolf Hitler


1. Sejarawan mencatat bahwa, lebih daripada rezim Stalin atau Mao, kediktatoran Hitler berdiri sebagai suatu paradigma abad ke-20. Hal ini mencerminkan tingkat yang tak terduga dari represi dan kekerasan negara, manipulasi yang tak tertandingi dari media untuk mengontrol dan memobilisasi massa, kekuatan destruktif ideologi superioritas ras dan rasisme, dan penggunaan teknologi modern serta rekayasa sosial.
2. Sejarawan mencatat bahwa rezim Hitler mampu mengungkapkan bagaimana masyarakat modern dan berbudaya dengan cepat dapat tenggelam dalam kebiadaban dan genosida. Singkatnya, kediktatoran Hitler mengungkapkan apa yang kita mampu lakukan sebagai manusia.
3. Gereja Mormon menyatakan bahwa mereka membaptis dan menganugrahi Hitler pada 1993. Dia lalu disegel dan direinkarnasikan kembali pada 12 Maret 2994 dan akan dilahirkan di Inggris.
4. Sebuah toko pakaian bernama Hitler dibuka di kota Ahmedabad, India.
5. Warisan langsung Hitler adalah fenomena Perang Dingin, pemisahan Jerman menjadi Jerman Barat dan Jerman Timur, Tirai Besi, senjata nuklir, yang menyisakan trauma yang mendalam.
6. Eva Braun tercatat telah 2 kali melakukan upaya percobaan bunuh diri demi mendapat perhatian lebih dari Hitler.
7. Hitler adalah seorang orator yang berbakat tetapi memiliki suara serak sebagai konsekuensi dari serangan gas yang dideritanya selama Perang Dunia I.
8. Kumis Adolf Hitler juga dijuluki “toothbrush mustache”.
Adolf mustacheThe Toothbrush Mustache
9. Ketika kawan dekat Hitler, Ernst Hanfstaengl mengatakan kepada Hitler bahwa kumis pendek Hitler ketinggalan zaman, Hitler menjawab: “Jika ketinggalan zaman, maka ini karena saya yang memakainya.”
10. Sejarawan masih berdebat hingga saat ini, apakah Hitler adalah konsekuensi alami dari sejarah Jerman atau penyimpangan dari sejarah Jerman.
11. Hitler yang berusia 56 tahun dan Eva Braun yang berusia 33 tahun menikah pada tahun 1945 dan bunuh diri 36 jam kemudian.
12. Dalam wasiat terakhirnya yang ia diktekan kepada sekretarisnya Traudl Junge (1920-2002), Hitler menyatakan bahwa, “Perang ini, suatu hari akan turun dalam sejarah sebagai manifestasi paling mulia dan heroik dari kehendak rakyat untuk hidup”.
13. Pada 2009, tes DNA menyatakan bahwa tulang tengkorak (yang berlubang karena tembakan peluru) yang sebelumnya diyakini sebagai tengkorak milik Hitler, ternyata adalah milik seorang wanita berusia di bawah 40 tahun. Tengkorak ini juga bukan merupakan tulang tengkorak Eva Braun, mengingat Eva Braun bunuh diri dengan cara menenggak sianida, bukan menembakkan pistol ke kepalanya.
14. Nama “Adolph” berarti “serigala yang mulia.” Hitler menggunakan nama samaran Herr Wolf pada awal karirnya agar tidak dikenali oleh lawan politiknya. Dia memberi nama markasnya “Wolf’s Lair” atau “Sarang Serigala” dan memberi nama “Wolf” pada anjing favoritnya.
15. Hitler tidak pernah meraih suara mayoritas dalam pemilihan umum yang bebas. Total suara yang paling banyak diperoleh oleh Partai Nazi adalah sebesar 37,3% pada pemilu Juli 1932. Pada tahun 1933, ketika Hitler menjadi Kanselir, Nazi hanya memiliki sepertiga dari jumlah kursi di Reichstag (DPR Jerman).
16. Melakukan salam hormat ala Nazi adalah tindak pidana kriminal di beberapa negara, seperti Jerman, Austria, Ceko, dan Belanda.
Blood PurgeSalam hormat ala Nazi
17. Setelah menjadi Kanselir Jerman, Hitler menjalankan gelombang pembunuhan dan eksekusi yang disebut “Pembersihan Darah”, yang bertujuan untuk menyingkirkan saingan politiknya di dalam Partai Nazi. Dia menyatakan bahwa tidak akan ada gejolak lebih lanjut di Jerman selama seribu tahun mendatang apabila para pemberontak dan pembangkang itu tewas. Akan tetapi, Third Reich hanya dapat bertahan selama 12 tahun!
18. Awalnya, ayah Hitler bernama Alois Schicklgruber tapi kemudian ia merubah namanya menjadi Alois Hitler pada tahun 1876, 13 tahun sebelum Adolf Hitler lahir. Alois mengemukakan alasan yang tidak jelas terkait perubahan namanya itu.
19. Keluarga Hitler selama beberapa generasi menjadi keluarga petani di Waldviertel, sebuah daerah miskin di bagian barat laut Austria, yang berbatasan langsung dengan Bohemia. Orang-orang di sana terkenal akan sifatnya yang keras kepala dan tidak ramah.
20. Ayah Hitler, Alois, lahir pada 7 Juni 1837, di Desa Strones, sebagai hasil dari hubungan terlarang antara ibunya, Maria Anna Schicklgruber (1792-1857) dengan seorang pria tak dikenal. Ada beberapa spekulasi bahwa Johann Georg Hiedler, seorang pria yang menikah dengan Maria Anna 5 tahun setelah Alois lahir, adalah ayah biologis dari Alois.
21. Ayah Hitler menikah tiga kali. Pertama dengan seorang wanita yang jauh lebih tua dari dirinya, kemudian dengan seorang wanita muda yang lebih pantas untuk menjadi putrinya.
22. Hitler lahir pada tanggal 20 April 1889 pukul 18.30 pada hari Sabtu Paskah di Braunau Am Inn, Austria.
23. Nama “Hitler” berarti petani kecil.
24. Hitler lahir di kota perbatasan antara Jerman dan Austria, dan ia lebih setia pada negeri Jerman daripada Austria (Hapsburg Empire).
25. Kedua orang tua Hitler meninggal sebelum Hitler berusia 19. Ibunya meninggal karena kanker payudara pada tahun 1907, ketika Hitler berusia 18 tahun. Ayahnya meninggal karena pendarahan selaput paru-paru pada tahun 1903, saat Hitler masih berusia 14 tahun.
26. Dr Bloch, seorang dokter Yahudi yang merawat ibu Hitler, menyatakan bahwa hampir selama 50 tahun karirnya sebagai dokter, ia belum pernah melihat seorang pemuda yang begitu larut dalam kesedihannya karena kematian ibunya seperti Hitler. Hitler selalu membawa foto ibunya di dalam sakunya hingga ia bunuh diri pada 30 Maret 1945.
27. Ayah Hitler adalah seorang yang otoriter, sombong, seorang suami yang dominan dan mudah tersinggung.
28. Lama setelah pernikahannya dengan Alois Hitler, ibu Hitler masih memanggil suaminya itu dengan sebutan “Uncle.”
29. Selama Perang Dunia I, Hitler adalah seorang prajurit yang hebat. Ia menerima medali Iron Cross, Second Class pada 1914 dan menerima medali Iron Cross, First Class pada 1918. Ia juga menerima Black Wound Badge pada 18 Mei 1918.
30. Hitler dipenjara pada tahun 1923 karena keterlibatannya dalam Munich Beer Hall Putsch, yang merupakan upaya untuk menggulingkan pemerintahan. Selama dipenjara, ia menulis bukunya yang berjudul Mein Kampf (Perjuanganku).
31. Tujuan politik dalam dan luar negeri Hitler adalah untuk mendirikan ruang hidup atau “Lebensraum” bagi rakyat Jerman.
32. Rasisme Nazi menyebabkan tewasnya 11 juta orang, termasuk 6 juta orang Yahudi. Secara keseluruhan, sekitar 50-70 juta meninggal selama Perang Dunia II.
33. Hitler percaya bahwa kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I disebabkan karena tentara Jerman “ditusuk dari belakang” oleh kaum Marxis.
34. Hitler adalah putra keempat dari 6 bersaudara.
35. Kakak-kakak Hitler, Gustav, Ida, dan Otto meninggal saat masih bayi. Adiknya, Edmund, meninggal pada 1900 karena serangan campak. Hanya Paula, adik perempuan Hitler, yang bertahan hidup sampai dewasa.
36. Berlawanan dengan keinginan ayahnya agar Hitler menjadi PNS, impian Hitler adalah untuk menjadi seorang seniman. Namun, ia ditolak oleh Akademi Kesenian Wina sebanyak dua kali (1907 dan 1908).
37. Hitler sempat tinggal di tempat penampungan tunawisma setelah ibunya meninggal dan setelah penolakan kedua ketika ia hendak masuk ke Akademi Kesenian.
38. Di dalam Mein Kampf, Hitler menyatakan ia pertama kali menjadi anti-Semit ketika ia tinggal di Wina, yang merupakan pusat dari dari rasisme pada abad ke-19. Kebanyakan sejarawan setuju bahwa sifat anti-Semitisme muncul setelah kekalahan Jerman di Perang Dunia I.
39. Perjanjian Versailles pada 1919 mengobarkan semangat politik Hitler.
40. Hitler menggunakan Perjanjian Versailles sebagai alat politik. Perjanjian itu membuat Jerman menyerahkan beberapa wilayah,  dikenakan sanksi ekonomi yang parah, dan bertanggung jawab atas kerugian perang. Banyak orang Jerman yang merasa bahwa perjanjian itu benar-benar mempermalukan Jerman.
41. Setelah Perang Dunia I, Hitler bertemu dengan Anton Drexler (1884-1942), seorang nasionalis yang kuat dan pemimpin Partai Pekerja Jerman (yang kemudian menjadi partai Nazi). Pada Februari 1920, Hitler dan Drexler menerbitkan 25 Butir Poin yang menolak ketentuan-ketentuan Perjanjian Versailles.
42. Hitler dan Drexler selanjutnya mulai memperjuangkan penyatuan kembali seluruh Jerman dan menyebarkan sikap anti-Semit.
43. Sejarawan mencatat bahwa Hitler memiliki pidato yang mampu menghipnotis massa dan ia menggunakan karisma pribadinya ketika berpidato.
44. Hitler dipengaruhi oleh Aufbau Vereinigung (Organisasi Rekonstruksi), sebuah kelompok yang terdiri dari orang-orang Rusia yang anti komunis dan kaum Sosialis Nasional yang dibiayai oleh industrialis kaya seperti Henry Ford.
45. Sebagai seorang remaja, Hitler membenci sekolah. Dia kemudian memuji salah seorang guru, guru sejarahnya Dr. Potsch, karena ia memperkenalkan Hitler kepada suatu narasi dan kisah-kisah kepahlawanan dari masa lalu Jerman.
46. Hitler dua kali terluka parah selama Perang Dunia I. Pada bulan Oktober 1916 ia terluka oleh pecahan granat. Pada bulan Oktober 1918 ia buta sementara akibat serangan gas mustard.
47. Ungkapan “Sieg Heil” ditemukan oleh seorang pengusaha lulusan Harvard, Ernst Hanfstaengl. Hanfstaengl terkesan dengan suasana persahabatan di pertandingan sepak bola Harvard dan berusaha untuk mensimulasikan suasana itu di pertemuan-pertemuan Hitler.
48. Hitler dikabarkan adalah seorang vegetarian. Dia menjadi seorang vegetarian setelah melihat otopsi pacarnya, Geli Raubal, yang meninggal bunuh diri.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar anda sangatlah dibutuhkan guna sebagai kritikan dan acuan kepada kami untuk lebih baik,lagi.Terima Kasih telah berkunjung,dan Long Live Education!